Berbagai konsep belajar sering dikemukakan oleh para ahli pendidikan untuk menyingkap cara belajar yang tepat. Namun pada kenyataannya konsep-konsep yang diberikan sering ditinggalkan karena berbagai faktor penyebabnya. Para ahli yang membuat konsep-konsep tersebut sering tidak memperhatikan faktor-faktor yang menyebabkan kelalaian dalam belajar.
Pada kenyataannya di lingkungan pendidikan kita konsepnya ada “Belajar untuk Ujian” sebab ujian dianggap sesuatu akhir dari segalanya. Kita sering menerapkan bahwa hasil ujian tidak bisa diubah lagi karena alasan bahwa ujian adalah akhir belajar. Kita sering menganggap ujian adalah tanda berakhirnya proses belajar dan mengajar.
Tetapi sebenarnya ujian adalah langkah awal untuk belajar, langkah awal dimana kita akan memulai pelajaran, langkah awal kita mencari konsep dan materi dan pedoman dalam menentukan langkah dan strategi.
Belajar untuk Ujian atau Ujian Untuk Belajar
09
Jan
Iklan